Berita Pilihan

Juara 1 Gerak Jalan Pelajar Putra dan Putri
14-Aug-2017
     Selamat kepada regu gerak jalan putra dan putri yang telah berhasil meraih ju ...


Sumbangan Alumni '77
12-Aug-2017
Terima kasih kepada para Alumni SMPN 1 Ngawi angkatan 1977  (Bpk. Drs. Budi Yuniarto, M ...


Juara Tinju Nasional SMPN 1 Ngawi
10-Aug-2017


Akmal Budiraharja Juara OSN
03-Aug-2017
"AKMAL BUDIRAHARJA JUARA OSN IPS"        "Air tenang m ...


Siska Juara Lari Marathon 5K
29-Jul-2017
SISKA: “Saya suka...”        Farida Regina Siska Pratiwi ...


August 2017

MTWTFSS
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31

Speak Up

Statistics

  • Hari Ini 51
  • Minggu Ini 479
  • Bulan Ini 1448
  • Total 24724

Kegiatan Sekolah

GILANG PANDU PERMANA : Dalang Kondang Nasional

23-Nov-2016

            Semua mata terpana menyaksikan gerakan Anoman yang begitu lincah dimainkan oleh tangan ajaib Gilang Pandu Permana. Sabetannya luar biasa. Tak salah bila Gilang dijuluki Ki Manteb Sudarsono asal Kendal karena kepiawaiannya dalam memainkan wayang. Kelincahan tangannya mirip dalang kondang “Ki Manteb Sudarsono”

            Dalam festival Dalang Bocah tingkat Nasional yang berlangsung di Jakarta, 18 Nopember 2016, Gilang mampu menghipnotis para juri. Setelah menyisihkan para peserta dari berbagai propinsi, Gilang yang mewakili propinsi Jawa timur, dinobatkan sebagai Dalang Bocah terbaik untuk Nominasi Sabetan. Penampilannya di festival Dalang Bocah tingkat nasional ini menjadi pengalaman yang paling berkesan beginya. Sebelumnya Gilang juga telah mengukir prestasi sebagai juara I Dalang Bocah tingkat Propinsi Jawa Timur pada Nominasi Catur.

Gilang Pandu Permana bersama rombongan saat mengikuti festival Dalang Bocah tingkat nasional di Jakarta

            Prestasi yang gemilang tak membuat siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Ngawi ini besar kepala. Gilang tetap menunjukkan sebagai sosok anak sederhana yang rendah hati. Putra kedua dari pasangan Sujud dan Sulastri yang menyukai warna biru ini, dikenal sebagai siswa yang ramah dan bersahaja. Penampilannya yang santun dan ramah membuatnya cepat bergaul. Ketertarikannya pada seni pedalangan sudah muncul sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Pada mulanya dia melihat pagelaran wayang kulit dan langsung tertarik. Saat diwawancarai dia menceritakan dengan antusias. “Saat itu saya melihat Ki Manteb Sudarsono memainkan wayang sangat asyik. Saya langsung tertarik. Sejak kelas tiga SD saya mulai latihan.”

            Walaupun senang berlatih seni pedalangan, Gilang tidak mengabaikan sekolahnya.  Pada saat libur, cowok ganteng yang lahir di kota Ngawi 19 Desember 2003 ini, berlatih pedalangan ke Surakarta. Gilang diantar orang tuanya untuk latihan di Pawiyatan Pedalangan Surakarta. Bakatnya semakin bersinar berkat bimbingan gurunya di pawiyatan tersebut. “Pak Sunarno adalah guru saya di Pawiyatan Pedalangan Surakarta yang telah membuat saya bisa seperti sekarang. Beliau guru yang hebat.” Begitu Gilang menuturkan dengan rasa bangga.

Gilang Pandu Permana bersama orang tuanya

 

         Anak kedua dari dua bersaudara yang berdomisili di Kendal  Ngawi ini bercita-cita ingin menjadi PNS seperti ayahnya. Di akhir wawancara Gilang menyampaikan harapannya agar Seni Pedalangan dan Karawitan di SMP Negeri 1 Ngawi khususnya dan Kabupaten Ngawi pada umumnya semakin mendapat perhatian. Seni warisan leluhur yang adi luhung ini harus kita lestarikan agar kita tak kehilangan jati diri sebagai orang Jawa. 

Gilang Pandu Permana bersama Pembina Ekskul SMPN 1 Ngawi